Monday, November 2, 2015

Kebersamaan dengan Anak Itu Bukan Cuma Kualitas yah Ayah Bunda, Tetapi Juga Kuantitas


Kebersamaan dengan Anak Anda bukan cuma kualitas, tapi juga kuantitas.

Sepertinya terbalik yah Ayah Bunda ? Mungkin Ayah Bunda lebih sering mendengar "Kebersamaan bersama anak yang penting kualitas", bukan kuantitas. Biar sebentar yang penting waktu-waktu bersama anak berkualitas. Kira-kira begitu opini yang sering Ayah Bunda jumpai ? iya ga sie ?

"Selalu ada kuota Minimal"

Pada kenyataannya selalu ada kuota-kuota minimal untuk memenuhi kebutuhan bersama anak Anda. "Kualitas Waktu" yang Anda maksud tidak dapat menggantikan "Kuantitas Waktu" yang terlalu sedikit. Hanya "bertemu" 15 menit, bisa jadi tidak cukup bagi si kecil. Walaupun 15 menit ini terkesan sudah sangat maksimal bagi Anda mencurahkan perhatian penuh kepada mereka.

Anak butuh sosok orang tua secara lengkap ya Ayah Bunda. Baik itu Ayah atau pun Bunda. Jika Anda berdua adalah orang tua yang bekerja, maka Anda berdua wajib mengagendakan waktu yang cukup dengan anak-anak. Untuk satu orang tua, setidaknya minimal 1 jam sehari bisa berinteraksi full dengan anak. Variasi kegiatan bisa menemani mengerjakan PR, menyiapkan makanan, bermain bersama, dll. Jika pun salah satu sedang sibuk, maka harus bergantian dengan pasangan agar anak tak “kosong” dari sosok orang tua.

Bagaimana Jika Realitanya Memang Tidak Bisa?

Lalu bagaimana jika realitanya pada weekdays kita memang tak bisa “bertemu” anak? Pagi kita harus berangkat sebelum mereka bangun dan saat pulang mereka sudah tidur. Ini kondisi darurat. Maka di sela-sela waktu kerja Anda wajib menyempatkan diri menghubungi mereka walau via telepon. Sebaiknya minimal 2 kali sehari. Lalu, pada weekend, ada satu hari yang memang Anda dedikasikan khusus untuk mereka.

Semoga bermanfaat ^^

No comments:

Post a Comment